cool hit counter

Majelis Tarjih dan Tajdid - Persyarikatan Muhammadiyah

Majelis Tarjih dan Tajdid
.: Home > Berita > MAJELIS TARJIH MUHAMMADIYAH IKUTI WORKSHOP ASTROFOTOGRAFI

Homepage

MAJELIS TARJIH MUHAMMADIYAH IKUTI WORKSHOP ASTROFOTOGRAFI

Senin, 28-04-2014
Dibaca: 4345

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah ambil bagian dalam acara Workshop Astrofotografi yang digelar di Surabaya, Sabtu-Ahad, 26-28 April 2014 kemarin. Acara yang diprakarsai oleh Padma Multimedia di bawah pimpinan Agus Mustofa ini menghadirkan narasumber Thierry Legault, astrofotografer kawakan dari Perancis. Puluhan peserta hadir dalam acara ini, dari seluruh penjuru Indonesia, dari berbagai kelompok dan Ormas Islam.

Pada acara pembukaan, Mendikbud RI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA yang berkesempatan membuka acara menyampaikan dukungannya terhadap upaya penyatuan pelaksanaan puasa dan hari raya melalui teknologi astrofotografi. Demikian pula halnya dengan Ketua Umum MUI yang sekaligus Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. M. Din Syamsudin menyatakan bahwa astrofotografi dapat memberikan solusi akan adanya perbedaan kriteria penentuan awal bulan di Indonesia. Astrofotografi akan mendekatkan antara 2 (dua) metode penentuan awal bulan kamariyah, yaitu rukyat dan hisab.

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, meskipun dalam penentuan awal bulan kamariyah lebih memilih menggunakan metode hisab hakiki dengan kriteria wujudul hilal, memandang perlu mengikuti kegiatan ini, karena pengamatan benda langit, khususnya hilal, bukan semata-mata sebagai salah satu metode penentuan awal bulan kamariyah. Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang berkemajuan sangat concern dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk teknologi astrofotografi yang merupakan perpaduan antara ilmu astronomi dan fotografi. [amr]


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website